5 Kegelisahan yang Sering Dialami Perantau Muda, Apakah Itu Semua Ada di Kamu?

By Kontributor 09 Apr 2018, 16:48:18 WIBGaya Hidup

5 Kegelisahan yang Sering Dialami Perantau Muda, Apakah Itu Semua Ada di Kamu?

Keterangan Gambar : ilustrasi


matahationline.com – Menjadi seorang perantau bukanlah suatu hal yang sangat mudah dilakukan oleh seseorang, terlebih oleh kaula muda. Deretan pekerjaan dilakukan sendiri tanpa adanya bantuan keluarga. Karena itu, seorang perantau harus memiliki hati yang tulus dan tekad yang kuat untuk bisa bertahan di kota rantau.

Setiap orang punya banyak alasan mengapa ia memutuskan untuk pergi merantau, entah karena faktor ekonomi, ingin mandiri, ingin melanjutkan pendidikan secara mandiri atau karena ingin bebas dari kekangan keluarga yang penuh dengan aturan. Alasan – alasan itu pasti ada, dan tidak bisa diperdebatkan karena sudah menjadi pilihan setiap orang.

Apakah merantau itu asik? Tentu ia, karena bisa belajar mandiri tanpa mengandalkan orang keluarga dan bebas dari aturan keluarga. Meski mengasikkan, tidak semua perantau selalu bahagia. Karena ada kegelisahan-kegilisahan yang sering ia alami. Berikut 5 kegelisahan yang dialamai oleh perantau:

1. Merasa Sebatangkara Saat Sakit Melanda

ketika sakit melanda, perantau akan merasa hidup sebatangkara, karena tidak ada keluarga yang ada di sampingnya. Ia harus mandiri dan bisa melayani diri sendiri untuk pergi berobat dan mencari makan saat tubuh dalam kondisi tidak fit. Sebab itu, sakit menjadi hal yang paling ditakutkan oleh perantau dari pada patah hati, hehehe. Jadi jaga kesehatan ya,

2. Merasa Sepi di Tengah Keramaian

Di awal-awal merantau, perantau sering merasa kesepian karena sedikit teman bahkan tidak punya teman di kota rantau. Aktivitasnya tempat kerja dan kos-kosan karena jam kerja padat dan waktu libur yang tidak sesuai, membuatkannya sulit bersosialisasi dengan lingkungan. Teman dari perantau biasanya orang-orang yang satu pekerjaan atau satu kantor. Jadi, jangan lupa cari teman ya di warung kopi atau di cafe hehehe. Tapi jangan lupa juga untuk hati-hati memilih teman.

3. Rindu Masakan Mama

Satu hal yang membuat perantau gelisah adalah masakah makanan. Perantau kerap kali dihantui dengan rindu keluarga, terlebih masakan mama. Masakan mama menjadi suatu spesial yang selalu diingat perantau saat ingin makan. Meski menu makanan di rumah dan di kota rantau sama, tapi masakan mama menjadi yang terbaik dan yang paling dinginkan. Entah kenapa, tapi alasan yang selama ini ada karena masakan mama penuh cinta.

4. Pulang Kampung Jadi Beban

Untuk perantau, pulang kampung menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Bertemu dengan orang tua, kakak, adik dan ponakan menjadi penyedap melapas rindu setelah sekian bulan atau tahun tidak bertemu. Namun dibalik itu, pulang kampung menjadi beban bagi para perantau, mulai dari biaya tiket pulang (biaya transportasi), membawa oleh-oleh (tradisi keluarga), uang untuk dibagikan untuk adik dan ponakan, hingga mengajak jalan-jalan keluarga. Tentu hal itu menjadi beban bagi perantau yang masih belum mapan, karena ia akan mengeluarkan banyak tabungan. Pemulihan biaya hidup setelah pulang kampung tentu menjadi hal yang juga dipikirkan. Apakah kamu mengalami ini? Yang sabar ya,

5. Khawatir dengan Kekasih yang Ditinggalkan

Satu lagi yang membuat gelisah saat pergi merantau adalah khawatir dengan kekasih yang ditinggalkan. Bukan hanya dipaksa untuk menahan rindu, tapi rasa was-was, kekasih yang ditinggalkan ada yang ngambil, apa lagi ditikung oleh teman, itu sangat menyakitkan. Sebab saat ini lagi musim hubungan jarak jauh atau LDR kandas karena ditikung teman sendiri. Jadi para perantau cenderung gelisah meninggalkan kekasihnya. Apakah kamu mengalami ini juga?.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. alat masak 08 Mei 2018, 14:34:58 WIB

    Anak rantau memang pasti pernah merasakan kegelisahan yang luar biasa, kalo saya rindu banget saya masakan mamah dirumah, dulu lagi dirumah saya sering sekali membantu mamah memasak dirumah dengan alat masak didapur mamah dapat memasak apa saja dan itu pasti enak sekali. Hmmmm jadi pengen pulang kampung.

View all comments

Write a comment