Anggota Fraksi PKB Prihatin Pesisir Wonogiri Minim Pembangunan Infrastruktur

By Kontributor 26 Feb 2020, 15:08:45 WIBDaerah

Anggota Fraksi PKB Prihatin Pesisir Wonogiri Minim Pembangunan Infrastruktur

Keterangan Gambar : Anggota Fraksi PKB DPR RI Luluk Nur Hamidah (tengah) saat mengikuti rapat bersama di Gedung DPR RI


matahationline.com – Anggota Fraksi PKB DPR RI Luluk Nur Hamidah merasa prihatin soal minimnya pembangunan infrastruktur di Pesisir Selatan Wonogiri. Pasalnya, wilayah yang memiliki kekayaan laut seperti perikanan tuna, cakalan dan tongkol tersebut tak mendapat suport pembangunan dari pemerintah pusat, seperti pelabuhan, tempat pelelang ikan, dan juga program pemberdayaan untuk para nelayan.

“Sampai saat ini dukungan infrastruktur di Pesisir Selatan Pulau Jawa masih minim, investasi dan pengembangan perikanan pun di sejumlah kabupaten yang berbatasan dengan Samudera Hindia tersebut belum memenuhi harapan meningkatkan kesejahteraan nelayan,” katanya, Rabu (26/2/2020).

Ia menyebutkan, bahwa hingga saat ini pelabuhan yang mampu mendukung pertumbuhan ekonomi di pesisir laut selatan Jawa hanya Cilacap, sedangkan daerah lain termasuk Wonogiri belum memadai. Padahal pelabuhan menjadi bagian dari infrastruktur pecepatan pertumbuhan ekonomi sektor kelautan.

Angota Komisi IV DPR RI itu mengaku belum menemukan jawaban yang memuaskan terkait dengan Lambannya pembangunan infastruktur di Pesirir Selatan Wonogiri. Jawaban klasik dari pemerintah yang selalu ia temui, yaitu faktor geografis dan keterbatasan anggaran. “Jika dipertanyakan apa masalahnya, selalu jawabannya klasik yakni faktor geografis dan keterbatasan anggaran.” Ujarnya.

Karena itu, politisi PKB itu akan terus melakukan pressure terhadap pemerintah khususnya Kementerin Kelautan dan Perikan agar bisa lebih melirik potensi ekonomi yang ada di Pesisir Wonogiri. Tujuannya tidak hanya sekedar mengoptimakan potensi ekonomi, namun dalam rangka meningkatan kesejahteraan masyarakat Pesisir Selatan Wonogiri melalui program pemerintah.

“Jika memang program pemerintah terkendala anggaran, tentu pemerintah harus bisa berkolaborasi dengan swasta, investor untuk menghidupkan perekonomian sektor perikanan,” ujarnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment