Blusukan ke Pasar Pronojiwo, Cak Thoriq-Bunda Indah Dapat Banyak Curhatan Masyarakat

By Kontributor 18 Jan 2018, 09:32:47 WIBDaerah

Blusukan ke Pasar Pronojiwo, Cak Thoriq-Bunda Indah Dapat Banyak Curhatan Masyarakat

Keterangan Gambar : Tampak Cak Thoriq-Bunda Indah saat blusukan di Pasar Pronojiwo Lumajang


Lumajang, matahationline.com – Pasangan Cabup-Cawabup Lumajang 2018, Cak Thoriq-Bunda Indah terus melakukan rutinitas blusukan ke pojok-pojok desa, hingga perkotaan untuk menyerap aspirasi warga. Untuk kali ini, Rabu (17/01/2017) pasangan yang mengusung tagline Lumajang Hebat dan Bermartabat tersebut blusukan ke pasar-pasar, salah satunya pasar Pronojiwo Lumajang.

Cak Thoriq dan Bunda Indah yang terkanal sebagai tokoh yang mudah bergaul tersebut tampak tegur sapa dengan pedagang, pembeli dan tukang ojek yang ada di pasar. Tak jarang jabat tangan dan foto bersama menghiasi  prosesi blusukannya tesebut di pasar.

Setelah berkeliling menyapa masyarakat di dalam pasar, Cak Thoriq-Bunda Indah ini secara inisiatif dikumpulkan oleh para pedagang di tengah pasar. Pedagang di sekeliling pasar pun juga ikut bergabung di dalamnya karena ada hal penting yang menjadi kekhawatiran mereka terkait kebijakan pemerintah. Satu persatu penjual dan pembeli Pasar Pronojiwo menyampaikan curhatan, keluh kesahnya. Salah satunya adalah isu renovasi pasar yang akan menggeser pedagang tempe dan tahu.

"Kami mohon Cak, pedagang tempe dan tahu yang di depan itu jangan digeser, karena kasihan mreka jika dipindah. Mereka juga tidak akan mau di pindah dari lokasinya," ujar seorang pedagang.

Pedagang lain juga menambahi keluh kesah terkait dengan pengelolan sampang di Pasar Pronojiwo. Pengelolaan sampah yang kurang baik tersebut membuat pasar terlihat kumuh. Terlebih lagi, kurangnya fasilitas pendukung seperti musholla dan keamanan untuk para pedagang.

Menanggapi keluh kesah tersebut, Cak Thoriq yang ditemani oleh Bunda Indah mengatakan bahwa, dalam proses pembangunan pasar harus melibatkan berbagai stakeholder, salah satunya orang-orang yang ada di pasar. Sehingga pembangunannya sesuai dengan harapan. Karena itu, dirinya siap untuk memperbaiki pasar jika nantinya diberi amanah untuk memimpin Lumajang.

"Membangun pasar itu harus berunding dengan orang pasar. karena itu, nanti akan kita atur bersama semuanya. bagaimana gorong-gorongnya dibuat agar aliran airnya lancar. Bagaimana sampahnya kita atur sehingga terhindar dari polusi sampah," katanya.

Menambahi apa yang disampaikan Cak Thoriq, Bunda Indah menawarkan program kerja kepada warga yang ada pasar. Ia akan membuat koperasi yang berfungsi memberikan bantuan modal bagi pedagang.

"Kami juga akan meringankan para pedagang pasar, salah satunya dalam progam kerja kita adalah dengan membuat koperasi melalui dinas koperasi, nanti akan ada anggaran modal yang disalurkan melalui Dinas koperasi tanpa bunga," ujarnya kepada para pedagang pasar.

Para pedagang yang sudah menyampaikan keluh kesahnya tersebut menyampaikan terima kasih kepada Cah Thoriq-Bunda Indah. Mereka menaruh harapan kepada keduanya untuk ada perubahan di Lumajang.[bu]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment