Fraksi PKB Menyambut Hangat Kedatangan FKDT Jatim yang Menyampaikan Aspirasi Soal Madin

By Kontributor 10 Okt 2019, 13:13:03 WIBPendidikan

Fraksi PKB Menyambut Hangat Kedatangan FKDT Jatim yang Menyampaikan Aspirasi Soal Madin

Keterangan Gambar : Foto bersama FKDT Jatim dan anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur


Surabaya, matahationline.com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jawa Timur menyambut hangat kedatangan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Jawa Timur yang ingin berdialog soal kondisi madrasah diniyah di Jawa Timur.  FKDT yang diketuai oleh H Satuhan Akbar bersama rombongannya menyampaikan satu-persatu aspirasi yang dibawa, salah satu poin besarnya adalah mengusulkan adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang Madrasah Diniyah untuk Jawa Timur.

Satuman menuturkan jika pihaknya saat ini sedang memperjuakan Perda tentang madin untuk Jawa Timur. Di beberapa daerah seperti Kabupaten Pasuruan, Gresik, Bangkalan dan Banyuwangi sudah memiliki perda madin. Namun menurutnya, perlu adanya perda yang lebih tinggi di atasnya, yaitu perda madin tingkat Jatim. Sehingga daerah tidak lagi berjalan sendiri-sendiri dalam menjalan program pendidikan.

“Selama ini, karena tidak ada Perda di Jatim, daerah berjalan sendiri-sendiri,” katanya. Adanya perda tersebut nantinya mampu menselaraskan kurikulum yang sudah ada di setiap daerah di Jawa Timur.

Poin besar dari perda madin yang ada di daerah dan yang akan di usulkan ke Jawa Timur adalah wajib madin untuk peserta didik  dari SD ke SMP. Tujuannya adalah memberikan bekal pendidikan agama khususnya yang beragama islam kepada generasi muda.  “Ini tujuannya untuk menekan generasi bangsa ini untuk belajar agama dari kecil,” ujarnya.

Menanggapi aspirasi dari FKDT itu, Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur Anik Maslachah mengatakan bahwa dirinya bersama anggota fraksi yang lain siap untuk mengakomodir semua usulan yang disampaikan. Ia akan melakukan tindak lanjut dengan diskusi lanjutan dan membawanya ke rapat dewan.

“Sudah menjadi prinsip kita memajukan pendidikan  yang berbasis pesantren,” ungkapnya,

Terlebih lagi, kata politisi asal Sidoarjo itu, sudah ada intruksi dari partai untuk melakukan revitalisasi nilai-nilai dan spirit perjuangan pondok pesantren di Jawa Timur. PKB saat ini juga telah menyiapkan materi Raperda tentang Pondok Pesantren. Usulan Raperda itu sebagai tindak lanjut dari UU Pesantren yang telah disahkan beberapa hari lalu.[rt]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment