Hidroponik Upaya Berkebun di Lahan Terbatas

By Kontributor 09 Des 2017, 11:56:23 WIBTeknologi

Hidroponik Upaya Berkebun di Lahan Terbatas

Keterangan Gambar : ilustrasi


matahationline.com - Hidropik adalah salah satu cara menanam tanaman menggunakan media air sebagai ganti media tanah. Cara menanam Hidroponik merupakan solusi cerdas jaman now, saat lahan pertanian berubah mendjadi gedung dan perumahan. Rokim, pemuda tambun asal Kabupaten Pasuruan ini menggagas gerakan Urban Farming dengan mengadakan pelatihan tentang cara bercocok tanam dengan Hidroponik sebagai Upaya Berkebun di Lahan Terbatas bagi anak anak muda. Kegiatan ini oleh Rokhim di gelar di gedung Pertanian Kabupaten Pasuruan
Kenapa ide yang di gagas mas Rokim adalalah bertanni di kawasan kota, bagaimana bisa? Kita tahu bahwa kawasan kota merupakan kawasan padat penduduk, tidak ada lahan untuk berkebun, komposisi lahan sudah habis digunakan sebagai tempat tinggal dan sebagainya, mau berkebun di mana?
Ya benar, pemikiran di atas tidak keliru. Kota tidak memiliki lahan untuk dijadikan perkebunan, akan tetapi gerakan urban farming bukan sistem pertanian konvensional yang butuh lahan luas, butuh hektaran tanah.
Urban farming memiliki teknik sendiri, memiliki kemampuan untuk menyiasati kendala lahan. Alhasil kawasan kota yang tidak mungkin dijadikan area perkebunan bisa menjadi kawasan yang sangat memungkinkan dijadikan perkebunan dan sangat memungkinkan dijadikan basis produksi pertanian yang unggul, sehat, dan berkualitas
Bagaimana Berkebun di Kawasan Kota?
Saat ini saya akan batasi urban farming pada skala kecil/rumahan, bukan skala industri. Setiap orang bisa ikut berperan aktif dalam berkebun dan menjadi penghasil pangan yang sehat. Salah satunya dengan memakai teknik berkebun secara hidroponik. Kenapa harus hidroponik?
Hidroponik merupakan teknik berkebun yang disebut juga soilles garden (tidak memakai tanah) artinya berkebun secara hidroponik tidak butuh lahan dan tidak butuh tanah dalam pengertian media tanam.
Hidroponik memungkinkan Anda untuk berkebun secara vertikal, tidak lagi terpaku pada model perkebunan mendatar (landscape) yang boros ruang. Selain kemampuan untuk menyiasati lahan sempit, hidroponik juga mampu menghasilkan produk yang sehat, bergizi, dan berkualitas unggul.
Pelatihan Hidroponik untuk Masyarakat Umum
Berangkat dari gagasan di atas, hari ini banyak sekali komunitas atau industri hidroponik yang memberikan edukasi atau pelatihan hidroponik untuk masyarakat umum, pelatihan hidroponik untuk siswa dan guru, pelatihan hidroponik untuk lembaga pemerintah/swasta, baik itu yang berbayar maupun yang gratisan.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment