Maruf Amin Siap Bersaing dengan Cina-Korea Bangun Industri Ekonomi Halal

By Kontributor 06 Mar 2019, 14:05:24 WIBEkonomi

Maruf Amin Siap Bersaing dengan Cina-Korea Bangun Industri Ekonomi Halal

Keterangan Gambar : KH Maruf Amin


matahationline.com- KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa siap untuk membangun industri ekonomi syariah yang bisa bersaing di Internasional. Bahkan ia menyebutkan secara khusus siap bersaing dengan Cina dan Korea yang juga membangun sektor industri halal secara gobal.

“Ya kita akan dorong supaya industri halal itu, kita itu tidak hanya sertifikat halal, hanya fatwa, tetapi industri kita itu juga harus bisa bersaing dengan industri halal misalnya dari Korea, dari China yang sekarang mereka menguasai dunia karena sudah memiliki sertifikasi halal dari kita juga. Tetapi produk kitanya justru tertinggal," ungkap cawapres nomor urut o1 itu.

Dorongan untuk membangun industri halal bertaraf global terebut karena industri halal sudah menjadi tren terkini pasar ekonomi global. Sehingga kesempatan tersebut tidak akan disia-siakan, terlebih lagi, sertifikasi halal Indonesia sudah mendunia dan digunakan oleh negara-negara lain.

"Saya berharap dan saya yakin ke depan ini ekonomi syariah akan lebih kuat lagi. Apalagi Komite Nasional Keuangan Syariah sekarang sudah dilengkapi dengan kelengkapan direksi dan sebagainya, juga tentang halal. Visi misi kami menyebut bahwa halal ini akan kita stimulir. Industri halal, baik untuk kepentingan dalam negeri maupun untuk kepentingan luar negeri," ujar Ma'ruf di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019).

Untuk itu, tidak hanya soal sertifikasi produk halal yang menjadi bahasan dalam pembangunan industri halal, namun juga bagaimana membangun kawasal halal.

"Kita akan dorong halal industrial estate, bahkan mungkin kepada halal port, pelabuhan halal, dan lain sebagainya. Saya akan mendorong nanti supaya ekonomi syariah ada lembaga yang mengurus dan melakukan upaya-upaya pengembangannya secara lebih bertanggung jawab," terangnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Arsitek Indonesia 21 Mar 2019, 15:19:23 WIB

    Kita sebagai masyarakat sih setuju untuk bekerjasama dengan negara manapun asalkan kita mendapatkan manfaat dari pembangunan tersebut. Kalau bisa pun kita pakai SDM dari sini saja seperti Arsitek Indonesia suruh saja merancang desain pelabuhan halal itu, kita lihat sejauh mana SDM kita bisa berkarya di negara sendiri.

View all comments

Write a comment