Mengenal Masduki, Anggota DPRD Jatim Pengganti Halim Iskandar

By Kontributor 09 Jan 2020, 16:55:55 WIBTokoh

Mengenal Masduki,  Anggota DPRD Jatim Pengganti Halim Iskandar

Keterangan Gambar : Istimewa


matahationline.com - Masduki, politisi PKB asal Kota Mojokerto, Kamis sore (9/1/2020) resmi dilantik sebagai anggota DPRD Jawa Timur untuk periode 2019-2024 yang  berlangsung di gedung DPRD Jawa Timur Jl. Indarapura No. 1 Surabaya. Masduki dilantik sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) Abdul Halim Iskandar yang ditunjuk sebagai Menteri Desa PDTT oleh Presiden Jokowi.

Masduki berangkat menjadi legislator pada Pemilu 2019 dari Daerah Pemilihan Jatim X yang meliputi Kabupaten Jombang, Kabupatan Mojokerto dan Kota Mojokerto. Pria kelahiran 13 September 1977 itu berhasil meraih 24.000 di urutan ketiga di bawah Adul Halim Iskandar 106.662 suara dan Ahmad Athoillah 24.303 suara dalam satu partai. Namun perolehan suaranya saat itu tidak cukup untuk mengantarkan dia untuk duduk di DPRD Jawa Timur karana PKB hanya mendapatkan jatah 2 kursi dewan dari hasil total jumlah suara keseluruhan di dapil X.

Sabar dan terus berjuang di politik datang bersamaan dengan takdir Tuhan. Masduki tertunjuk secara otomatis berdasarkan UU No7 tahun 2017 tentang  Pemilu untuk mengisi kursi dewan Jawa Timur yang kosong karena Abdul Halim Iskandar mundur untuk menjadi menteri.

Masduki mengawali karir politiknya di usia muda, sejak tahun 1999 sebagai Ketua Ranting PKB di Kelurahan Mentikan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto. track recordnya sebagai politisi tingkat kelurahan waktu itu mendapat perhatian dari senior-seniornya di PKB dan membuatnya ditunjuk sebagai Sekretaris DPC PKB Kota Mojokerto. Berpengalaman sebagai politisi tingkat bawah, membuatnya memberanikan diri untuk berkompetisi di Pemilu 17 April 2019 lalu.

Politisi yang pernah nyantri 12 tahun di Lirboyo Kediri itu tidak hanya fokus dalam urusan-urusan politik saja, namun ia memiliki kesibukan sebagai Ketua Lakpesdam NU Kota Mojokerto yang bergerak dalam pendampingan sosial, pendidikan dan ekonomi masyarakat Kota Mojokerto. Kerja keras melakukan pendampingan yang dilakukan Mantan Ketua IPNU Jawa Timur itu mulai dirasakan oleh masyarakat. Berbekal sebagai pengusaha besi tua, Masduki berhasil membantu pembentukan beberapa bank sampah Kota Mojokerto.

“Melalui bank sampah itu, kita memberikan bekal kepada masyarakat bagaimana mengelola dan managemen sampah. Sebagian sampah yang dikelola disetor ke perusahan-perusahaan yang ada di Mojokerto,” ungkap guru Madin Ponpes Mambaul Qur’an Mojokerto itu.

Dasar dari pendirian bank sampah kata Masduki adalah untuk meningkatkan kerja sama antar warga, masyarakat dalam mengelola sampah. Sehingga keberadaan sampah tidak lagi menjadi momok masyarakat, namun menjadi bagian berkah yang bernilai ekonomis untuk masyarakat.

Kini Masduki telah resmi sebagai legislator Jawa Timur yang memiliki tiga fungsi yang melekat pada dirinya, yaitu controlling, budgeting dan legislasi. Tiga fungsi tersebut akan dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh Masduki dalam mengawasi jalannya Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, utamanya dalam hal peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah dapilnya. Bahkan ia telah menyiapkan konsep badan usaha masyarakat desa yang bernafaskan asawaja. Konsep tersebut akan ia kolaborasikan dengan program peningkatan perekonomian yang ada di masyarakat.

Berikut profil Masduki:

Nama: Masduki
Ttl: Mojokerto, 13 September 1977
Pengalaman Organisasi    :
1.    Ketua Jam’iyyah Pusat Roudlotum Nasyiem PP Lirboyo Tahun. 2000
2.    Ketua PC IPNU Kota Mojokerto Tahun. 2016
3.    STIT Raden Wijaya Mojokerto Tahun. 2009
4.    Ketua PLH IPNU Jawa Timur Tahun. 2009
5.    PW GP. ANSOR Jawa Timur Tahun. 2009
6.    Wakil Ketua FSPRMI Jatim Tahun. 2010
7.    Ketua Lingkar Sembilan Bintang Kota Mojokerto Tahun 2010
8.    Sekretaris DPC PKB Kota Mojokerto Tahun. 2016 – 2021
9.    Ketua LAKPESDAM NU Kota Mojokerto Tahun. 2018 – 2023



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment