Meski Miliki Kader yang Sama, PKB Tidak Ikut Campur Konferwil GP Ansor Jatim

By Kontributor 03 Jun 2019, 04:21:39 WIBPolitik

Meski Miliki Kader yang Sama, PKB Tidak Ikut Campur Konferwil GP Ansor Jatim

Keterangan Gambar : Wakil Sekretaris PKB Jatim, Fauzan Fuadi


Surabaya, matahationline.com - Wakil Sekretaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur, Fauzan Fuadi menyatakan dengan tegas bahwa partainya tidak pernah ikut campur soal Konferensi Wilayah (Konferwil) GP Ansor Jawa Timur. Pernyataan tersebut disampaikan kepada media karena adanya isu PKB melakukan intervensi Konferwil dalam pemilihan ketua GP Ansor Jatim yang baru.

Fauzan menyadari bahwa isu yang selalu mengkait-kaitkan PKB dan GP Ansor tersebut berangkat dari kedekatan kedua lembaga. GP Ansor merupakan Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU), sedangkan PKB merupakan partai yang lahir dari ulama-ulama NU.

"Karena PKB memiliki historis dengan NU maka seringkali suksesi NU dan banomnya diwarnai oleh tampilnya kader PKB, termasuk di Ansor. Bagi PKB, hal ini menjadi bukti banyak kader PKB yang dinilai mumpuni dan layak menjadi leader," katanya.

Fauzan menyampaikan bahwa yang cukup menarik perhatian adalah PKB dan GP Ansor juga memiliki kader yang sama. Banyak pemuda yang posisinya sebagai kader PKB dan juga sekaligus menjadi pengurus GP Ansor di berbagai tingkat di kabupaten/kota hingga pusat.

"Meskipun banyak kader PKB yang menjadi Ketua Ansor, namun bukan berarti urusan rumah tangga PKB dengan Ansor bisa dicampur adukkan. Kita yakin bawah kader PKB  dan Ansor profesional dalam urusan berorganisasi," ungkap Anggota DPRD Jatim terpilih 2019-2024 dapil Bojonegoro-Tuban itu.

PKB sangat menghargai dan menghormati wilayah rumah tangga organisasi lain. Sebab itu, Fauzan memastikan partainya tidak ikut campur urusan pemilihan ketua Ansor.

"Kalau ingin memiliki pemimpin yang seperti apa, yang menentukan ya Ansor sendiri. Yang memiliki hak untuk dipilih dan memilih kan mereka semua. Kedaulatan memilih siapa ketuanya ya mereka, jadi stop berhenti membuat isu," katanya.

Untuk saat ini, ada dua nama kandidat calon ketua PW Ansor Jatim, keduanya adalah M Abid Umar (Ketua PW Ansor penunjukan oleh Pimpinan Pusat) dan Syafiq Syauqi (Ketua PC Ansor Tuban).

Isu yang berkembang, kedua tokoh tersebut memiliki afiliasi dengan partai politik tertentu. Abid dinilai dekat dengan NasDem mengingat pada pemilu 2019 menjadi Calon Legislatif untuk DPRD Jatim dari NasDem di dapil Kediri.

Sedangkan Gus Syafiq diisukan dekat dengan PKB. Karena ia merupakan menantu dari Fatkhul Huda (Bupati Tuban saat ini sekaligus Dewan Penasehat DPC PKB Tuban).  Sehingga muncul isu pemilihan Ketua PW Ansor Jatim merupakan pertarungan PKB dan Nasdem.

Namun dari berkembangnya isu tersebut, Fauzan justru mempertanyakan  posisi Gus Syafiq yang dikait-kaitkan sebagai dari PKB.

"Kalau ada yang bilang ini (pemilihan Ketua Ansor) menjadi pertarungan PKB dan NasDem, itu lebai. Gus Syafiq itu PKB dari mana? Saya pikir tidak bisa dihubungkan," terangnya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment