Pemerintah Tutup 243 Perguruan Tinggi Swasta Bermasalah

By Kontributor 19 Feb 2019, 12:40:46 WIBPendidikan

Pemerintah Tutup 243 Perguruan Tinggi Swasta Bermasalah

Keterangan Gambar : Menristek-Dikti, Mohammad Nasir


matahationline.com – Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) menutup 243 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bermasalah atau tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal tersebut dilakukan dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas dari pendidikan tinggi nasional.

"Ijin operasional PTS itu, dibekukan sehingga lembaga pendidikan tersebut tidak dibenarkan lagi menerima mahasiswa baru," ungkap Menristek-Dikti Mohamad Nasir usai menjadi pembicara utama pada Sidang Paripurna Majelis Senat Akademi PTNBN 2019, di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara di Medan, Senin (18/2/2019).

Menurutnya, pihaknya telah melakukan berbagai pertimbangan dan kajian yang mendasar sebelum melakukan penutupan PTS bersamalah. PTS yang dianggap melakukan pelanggaran berat secara otomatis akan dicabut ijinnya, seperti mengeluarkan ijazah palsu.

"PTS tersebut, dihentikan beroperasi karena melakukan pelanggaran yang cukup berat dan mengeluarkan ijazah Strata (S-1) palsu, serta memperjualkan belikan dokumen penting tersebut," terang Menteri Nasir.

Selain itu, PTS yang tidak sesuai dengan prasyarat pendiriaan peguruan tinggi juga ditutup oleh pememerintah. Namun Menteri Nasir mengaku, pihaknya kan terus melakukan pendampingan sehingga PTS yang masih bisa berkembang akan tetap dipertahankan. "Kemenristekdikti tetap melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap PTS, sehingga dapat lebih maju dan berkembang," katanya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment