Pesantren Sudah Bisa Disetarakan dengan Pendidikan Umum

By Kontributor 26 Sep 2019, 11:58:21 WIBPendidikan

Pesantren Sudah Bisa Disetarakan dengan Pendidikan Umum

Keterangan Gambar : Anggota Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa


Surabaya, matahationline.com – Angin segar mulai dirasakan oleh lembaga-lembaga pendidikan pondok pesantren seiring dengan disahkannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pesantren menjadi undang-undang. Salah satu yang menjadi angin segar tersebut adalah pendidikan yang ada di pesantren sudah bisa disetarakan dengan pendidikan umum.

Anggota Fraksi PKB Jawa Timur Aliyadi Mustofa menyampaikan rasa syukurnya karena pendidikan pesantren yang selama ini tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, kini sudah bisa disetarakan dengan pendidikan umum. Hal itu tidak lain berkat disahkannya Undang-Undang Pesantren.

“Bahwa hari ini pendidikan yang berbasis pondok pesantren betul-betul diakui oleh negara. Dan kewajiban negara juga bisa memberikan bantuan pendidikan kepada pondok-pondok pesantren,” ungkapnya saat ditemui di Gedung DPRD Jawa Timur.

Ia menyebutkan bahwa pendidikan berbasis pesantren yang mendapatkan bantuan dari pemerintah sangat minim, kebanyakan pengelolaan pendidikan di pesantren berbasis mandiri. Sehingga dengan UU Pesantren ini sudah  bisa membuka tabir bahwa tidak ada lagi perbedaan perlakukan dari pemerintah antara pendidikan pesantren dan pendidikan non pesantren.

Politisi dari dapil Madura itu mengatakan bahwa pondok pesantren mampu mencetak generasi muda yang berkarakter dan berahlakul karimah. Oleh karenanya lulusan pondok pesantren selalu diterima di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, ia mengajak semua eleman dan stakeholder untuk mengawal UU Pesantren agar bisa berdampak positif terhadap keberlangsungan pendidikan di pondok pesantren.[rt]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment