PKB Perjuangkan Pemerataan Anggaran Pendidikan untuk Negeri dan Swasta di Jatim

By Kontributor 05 Sep 2019, 15:18:13 WIBPendidikan

PKB Perjuangkan Pemerataan Anggaran Pendidikan untuk Negeri dan Swasta di Jatim

Keterangan Gambar : Anik Maslachah, Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur


Surabaya, matahationline.com – Fraksi PKB DPRD Jawa Timur periode 2019-2024 akan memperjuangkan pemerataan anggaran pendidikan negeri dan swasta. Tekat tersebut berangkat dari keluhan lembaga-lembaga pendidikan swasta khususnya lembaga pendidikan yang dinaungi oleh Nahdlatul Ulama (NU) seperti Madrasah Aliyah (MA) mengalami kesulitan dalam mengakses anggaran baik pusat ataupun daerah.

Padahal dalam perundang-undangan, lembaga pendidikan, peserta didik dan tenaga pendidik harus mendapatkan perlakuan yang sama terkait dengan akses anggaran pendidikan. Karena itu, Ketua Fraski PKB DPRD Jawa Timur Anik Maslachah berencana memperjuangkan anggaran pendidikan saat pembahasan APBD Jawa Timur.

“PKB punya kewajiban untuk mengawal keseimbangan alokasi anggaran  pendidikan negeri dan swasta utamanya Madrasah Aliyah.  Lembaga tersebut harus mendapatkan perlakuan yg sama, dan tidak ada yang dianaktirikan,” ungkapnya.

Perlakuan adil antar lembaga pendidikan dalam hal kebijakan anggaran memang suatu kewajiban pemerintah. Karena lembaga pendidikan baik swasta ataupun negeri memiliki sumbangsih yang besar dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). “Swasta sama-sama mempunyai kontribusi besar bagi bangsa dan negara, untuk mencetak anak bangsa yang cerdas,” imbuhnya.

Ketua Perempuan Bangsa Jawa Timur itu juga menyatakan siap untuk menjadi wadah aspirasi warga Jawa Timur khususnya warga nahdliyin terkait persoalan pendidikan. Karena saat ini PKB mendapat jatah Wakil Komisi E, yang tidak lain membidangi  pendidikan dan bermitra langsung dengan Dinas Pendidikan. Jatah wakil komisi E tersebut tentu menjadi posisi yang trategis dalam mempengaruhi kebijakan alokasi anggaran pendidikan.[cy]



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment